MENJADI BERBEDA

Kehidupan terkadang menjadi aneh. Kala kita memperjuangkan sesuatu atau telah mencapai sesuatu. Kala itu kita dipandang sebagai orang asing bagi orang-orang yang dekat dengan kita. Seorang pecandu alkohol yang biasa mabuk bersama akan dianggap aneh oleh kawanan ketika dia berusaha berhenti. Begitupun yang terjadi bagi pribadi yang berjuang dari kehidupan baik ke lebih baik.

Perjuangan mencapai sesuatu tidak hanya merubah kita secara kebiasaan namun juga interaksi diri dengan orang lain. Saat itu orang-orang di sekitar kita mulai berkomentar dari lembut hingga keras agar kita kembali kepada kebiasaan lama menjadi orang seperti dahulu. Orang yang mereka kenal. Pribadi yang nyaman bagi mereka.

Seekor burung camar yang bernama Jonathan Livingston (Richard Bach, 1973) ditolak kawanan camar karena dia belajar untuk terbang. Orang tua Jonathan sudah menasehati agar menjadi camar biasa yang mencari makanan seharian dan sorenya pulang ke sarang. Namun Jonathan berkeras belajar terbang dan menambah kecepatannya karena terinspirasi Elang. Tubuh Jonathan semakin kurus karena waktu dihabiskannya untuk belajar. Bahkan dia mengalami kecelakaan tragis karena salah mengambil sudut untuk menukik.

Jonathan ditolak oleh kawanan camar melalui sidang Dewan Camar. Dia tidak hanya diabaikan oleh kawanan camar namun harus diasingkan dan pergi.Jonathan tidak putus asa hingga dia menemukan ternyata ada camar lain yang juga sudah belajar terbang seperti dirinya. Mereka mencapai suatu tingkatan lain. Bahkan Jonathan sempat bertemu dengan tetua camar yang mampu berpindah tempat dengan hanya memikirkan saja tanpa bergerak sedikit pun.



Perasaan terasing dan terisolasi juga dialami oleh pribadi yang mencapai sesuatu. Carlos Slim (Orang terkaya dunia 2010 menurut majalah Forbes) mengungkapkan bahwa salah satu dari 10 poin yang diperlukan untuk menjadi pribadi sukses adalah kemampuan mengatasi rasa terasing dan berbeda ini.


Selamat berjuang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar